Cara Backup Data di Android


Caratipstekno.com: Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara membackup atau mencadangkan data di android menggunakan google ataupun aplikasi pihak ketiga yang lain.

Mencadangkan data Android Anda biasanya merupakan tugas yang cukup sederhana - Google menyimpan sebagian besar opsi dan data Anda di Cloud, membuatnya mudah untuk ditransfer dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Berikut adalah beberapa dasar untuk cara mencadangkan ponsel Android Anda dan cara mendapatkan akses ke sana jika terjadi sesuatu.

Cara Mencadangkan Ponsel Android Secara Otomatis

Secara default, ponsel Android Anda harus mengatur data Anda untuk dicadangkan secara otomatis. Untuk memastikan semuanya berfungsi sebagaimana mestinya:

Buka pengaturan Android Anda.

Dari sana, Anda harus menemukan opsi Cadangkan & Atur Ulang atau, jika opsi itu tidak ada di perangkat Anda, buka Sistem > Cadangkan .

Sesampai di sana, Anda akan melihat beberapa opsi yang berbeda. Pastikan alamat email utama Anda dipilih, lalu pastikan opsi cadangan yang Anda inginkan dipilih. Banyak ponsel juga memiliki opsi menu yang akan memberi tahu Anda kapan terakhir kali data Anda dicadangkan.

Cara Mencadangkan Item Lain di Android secara Manual melalui Google

Pencadangan otomatis bagus, tetapi sesekali mencadangkan data terpenting Anda, seperti gambar, juga merupakan ide bagus untuk memastikan semuanya aman.

Tidak semua yang ada di ponsel Anda akan dicadangkan secara otomatis ketika Anda mengatur opsi cadangan Android Anda. Hal-hal seperti foto perlu diatur secara individual.

Selama perangkat Android Anda menggunakan email utama Anda, hampir semua hal lain di Google suite, seperti Kalender, Kontak, Gmail, dll., Semuanya harus disetel untuk dicadangkan secara otomatis.

Jika Anda menggunakan Foto Google:

  • Buka aplikasinya.
  • Arahkan ke Pengaturan.
  • Pilih opsi Pencadangan Otomatis untuk Foto Google.

Jika Anda menggunakan ponsel lama, mungkin ada opsi yang dapat Anda pilih untuk secara manual mencadangkan semua data Android Anda. Arahkan ke System > Advanced > Backup > Backup sekarang.

Cadangkan Ponsel Android Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda menginginkan ketenangan ekstra, ada beberapa opsi pihak ketiga untuk mencadangkan perangkat Android Anda. Berikut adalah beberapa opsi yang tersedia:

G Cloud Backup : Gratis, sangat mudah digunakan, dan ini adalah salah satu aplikasi cadangan Android berperingkat tertinggi di Google Play store. G Cloud Backup memiliki pengaturan intuitif yang memungkinkan Anda memilih aplikasi, item, dan data yang ingin Anda cadangkan secara spesifik. Ini juga memiliki item yang cukup murah jika Anda ingin meningkatkan akun Anda dan menambahkan lebih banyak data dan opsi.

Pencadangan dan Pemulihan Aplikasi: Pencadangan dan Pemulihan Aplikasi menawarkan beberapa opsi lagi untuk pengguna dengan banyak data, tetapi itu tidak semudah digunakan sebagai G Cloud. Namun, jika Anda lebih suka memiliki cadangan data fisik (seperti kartu SD) di atas penyimpanan cloud, ini mungkin taruhan yang lebih baik untuk kemudahan penggunaan.

Pencadangan & Pemulihan SMS : Jika yang Anda khawatirkan adalah memastikan Anda memiliki akses ke pesan teks di seluruh perangkat, ini adalah aplikasi untuk Anda. Ini sangat mudah digunakan, dan Anda dapat mengatur jadwal pembaruan otomatis sehingga Anda tidak perlu ingat untuk membuat cadangan pesan secara manual. Setelah Anda mengatur jadwal, SMS Backup & Restore melakukan sisanya.

Demikian cara mem-backup data di android, semoga dapat membatu kalian yang ingin mencadangankan data di smartphone jika ingin mengganti handphone dan mendownload ulang hasil backup di smartphone baru, sekian terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Backup Data di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel