Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online



caratipstekno.com: Pasti di antara kalian memiliki kendaraan, tentu saja pastinya memiliki pajak yang harus dibayar, jika anda merasa sulit untuk datang ke kantor samsat mungkin solusi di artikel ini dapat membantu kalian.

Pajak merupakan hal yang penting untuk kalian lakukan, kini proses pembayaran pajak secara online sudah dapat dilakukan, adanya fasilitas cek pajak kendaraan online dapat memberi kemudahan bagi kalian yang ingin membayar pajak.

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah pajak untuk kalian yang memiliki kendaraan bermotor, harga besaran pajak yang harus dibayar ditentukan oleh dia faktor. Pertama nilai atau harga kendaraan, keduabobot dari potensi pencemaran maupun kerusakan jalan yang kemungkinan dapat terjadi.

Kendaraan yang dimaksut adalah kendaraan yang beroda banyak dengan gandengannya yang digunakan disemua jenis jalan, dan digerakkan oleh peralatan teknik seperti motor atau peralatan lainnya. Penjelasan ini yang dimaksut adalah alat berat dan alat besar lainnya yang dioperasikan menggunakan roda dan motor yang tidak melekat secara permanen dan kendaraan yng dijalankan di air.

Untuk kalian yang mempunyai kendaraan peribadi, fasilitas cek oajak kendaraan online sudah bisa digunakan dan prosesnya pun juga cepat dan sangat mudah.

Artikel ini akan membahasa cara membayar pajak kendaraan secara inline atau mengenai cara mengecek pajak kendaraan secara online.

Jenis pajak kendaraan

Perlu diketahui ada dua jenis kendaraan, yakni pajak tahunan yang di mana dibayar setiap tahunnya serta pajak lima tahunan yang dibayar setiap lima tahun.

Pajak tahunan

Pajaka tahunan biasanya dilakukan tiap tahun untuk pengesahan Surah Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tiap tahun. Pembayaran dapat dilakukan dikantor samsat ataupun dapat dilakukan secara online.

Namun fasilitas pembayaran secara online pajak ini hanya baru dapat dilakukan dibeberapa daerah saja, dan belum seluruh Indonesia. Berikut syarat yang harus dipenuhi saat melakukan pembayaran.

  • Surah Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli,
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli,
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan
  • Uang untuk pembayaran pajak.

Pajak lima tahunan

Pajak lima tahunan akan dilakukan pergantian STNK dan flat nomor juga akan diganti. Pembayaran pajak limatahunan hanya dapat dilakukan di kantor samsat belum dapat dilakukan secara online. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi.

  • Membawa Surah Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli,
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli,
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli,
  • Formulir untuk cek fisik kendaraan yang tersedia di kantor Samsat. Pengecekan fisik ini akan dilakukan oleh petugas langsung.

Cara cek pajak kendaran secara online

Kini kalian tidak perlu lagi datang ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) dan menunggu bejam-jam.

Kalian dapat mengecek pajak kendaraan secara online dengan mudah dan cepat dengan cara masuk ke website Samsat yang berlokasi di daerah kalian. Dengan website tersebut, kalian bisa mendapatkan informasi tentan pajak kendaraan kalian, hanya perlu diketahui hanya beberada di beberapa Provinsi saja.

DKI Jakarta

Untuk kalian yang memiliki kendaraan di wilayah DKI Jakarta, dahulu kunjungi website http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dki/

langkah yang harus kalian lakukan:

Untuk melakukan pengecekan kunjungi situs E-Samsat DKI Jakarta terlebih dulu.
Kemudian isi form yang tersedia dengan data-data kendaraan maupun nomor flat yang Anda miliki.
Masukkan kode kemudian klik “Proses”.

Selanjutnya kalian akan melihat informasi pajak, jumlah pembayaran yang tertera belum termasuk pajak progresif maupun denda apabila melewati jatuh tempo. Kalian dapat langsung membayar pajak kendaraan kalian melalui ATM atau gerai bank DKI wilayah kalian.

Jawa Barat

Untuk kalian yang memiliki kendaraan di wilayah Jawa Barat, dahulu kunjungi website http://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/

Website ini hanya memuat persyaratan dan informasi seingkat terkait PKB, layanan pengecekkan dapat dilakukan menggunakan SMS. Sementara untuk pembayaran dapat dilakukan menggunakan ATM, SMS banking ataupun internet banking.

Jawa Tengah

Untuk kalian yang memiliki kendaraan di wilayah Jawa Tengah, dahulu kunjungi website http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/

langkah yang harus kalian lakukan:

  • Setelah mengunjungi website E-Samsat Jawa Tengah.
  • Selanjutnya isi nomor kendaraan lalu klik “Submit”.
  • Pada langkah selanjutnya, akan tampil nominal pajak yang belum termasuk progresif maupun denda yang harus Anda bayarkan.
Yogyakarta

Untuk kalian yang memiliki kendaraan di wilayah Yogyakarta, dahulu kunjungi website http://infonjkbdiy.com/

langkah yang harus kalian lakukan:

  • Kunjungi website E-Samsat Yogyakarta.
  • Selanjutnya masukkan nomor polisi kendaraan Anda dan klik “Submit”.
  • Nominal yang tampil adalah nominal pajak utama, belum termasuk pajak progresif dan denda bila sudah melewati jatuh tempo.

Jawa Timur

Untuk kalian yang memiliki kendaraan di wilayah Jawa Timur, dahulu kunjungi website http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas

langkah yang harus kalian lakukan:

  • Mengunjungi website E-Samsat Jawa Timur.
  • Lalu isi nomor flat kendaraan dan masukkan kode verifikasi lalu klik “Cari”.
  • Setelah itu, informasi PKB muncul di layar monitor. Angka tersebut merupakan biaya pajak normal dan belum termasuk pajak progresif dan belum termasuk denda keterlambatan dalam membayar.

Itulah beberapa website yang bisa kalian akses untuk menemukan informasi pajak kendaraan secara online. Fasilitas cek pajak secara online ini meberi kemudahan bagi kalian yang ingin membayar pajak kendaraan, dapat dilakukan kapanpun dan dimanampun secara online tanpa harus menunggu hingga berjam-jam dikantor samsat.

Demikian cara bayar pajak kendaraan secara online, semoga dengan artikel ini membatu kalian dalam membayar pajak kendaraan tanpa membutuhkan waktu yang lama, sekian terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel