Cara Buat Password PDF

caratipstekno.com: Cara buat password untuk PDF kalian lakukan jika ingin membuat file Dokumen kalian tidak ingin orang sembarang membuka file tersebut. Tips dibawah ini mungkin dapat membatu memecahkan masalah kalian.

PDF adalah hal terdekat yang dimiliki internet terhadap dokumen kertas. Mereka terlihat sama di setiap sistem terlepas dari font apa yang telah Anda instal, dan mereka biasanya bukan sesuatu yang dapat diedit pengguna. Tetapi jika Anda ingin menjaga mereka tetap aman, maka Anda perlu tahu cara melindungi dengan kata sandi PDF.

Untungnya, PDF memiliki dukungan untuk enkripsi yang dilindungi kata sandi yang dibangun langsung ke dalam format. Baik Anda menggunakan Windows atau MacOS, ada beberapa metode berbeda untuk melindungi kata sandi PDF, dan panduan ini akan membawa Anda melalui masing-masing langkah demi langkah.

Jika knda lebih tertarik untuk membuat perubahan pada PDF Anda, kami juga memiliki daftar editor PDF terbaik , serta panduan tentang cara menggabungkan PDF.

Kata Sandi yang Melindungi PDF dengan Adobe Acrobat

Langkah 1: Navigasikan ke halaman uji coba gratis utama Adobe Acrobat Pro DC dan klik tombol Memulai biru. Anda harus mendaftar akun Adobe Creative Cloud, yang melibatkan pemberian nama dan alamat email Anda, serta membuat kata sandi baru. (Jika Anda sudah menjadi pelanggan Adobe Acrobat Pro DC dan menginstal perangkat lunak pada sistem Anda, maka Anda dapat langsung beralih ke langkah 4.) Anda juga harus memasukkan metode pembayaran sehingga Adobe dapat menagih Anda setelah masa percobaan - pastikan untuk membatalkan sebelum tanggal yang ditunjukkan jika Anda tidak ingin tetap berlangganan.

Setelah semua informasi itu dimasukkan, klik tombol Sign-up di bagian bawah formulir. Dari sana, unduhan akan dimulai.

Langkah 2:  Jika Anda belum menginstal Adobe Acrobat Reader, Anda harus menginstal versi DC Pro. Jika tidak, itu hanya akan meningkatkan apa yang sudah Anda instal ke versi yang lebih mewah. Jika ditanya apakah Anda ingin membeli atau hanya melanjutkan uji coba untuk saat ini, pilih opsi untuk melanjutkan.

Langkah 3:  Setelah Adobe Acrobat Pro DC diluncurkan, pastikan Anda masuk menggunakan tautan di sudut kanan atas. Kemudian, klik menu File  di sudut kiri atas, dan pilih Open . Pilih file PDF yang ingin Anda lindungi dengan kata sandi dari lokasi penyimpanannya masing-masing dan klik tombol Buka.

Langkah 4:  Klik menu  File lagi saat melihat dokumen terbuka, diikuti oleh Properties , dan kemudian klik  tab Security.

Langkah 5:  Klik menu tarik-turun di sebelah Metode Keamanan, lalu pilih Keamanan Kata Sandi dari daftar opsi.

Langkah 6: Sebuah jendela akan muncul meminta Anda untuk kata sandi. Centang kotak di sebelah Wajibkan kata sandi untuk membuka dokumen dan masukkan kata sandi yang Anda inginkan di bidang teks yang sesuai.

Jika Anda mengirim kata sandi ini ke orang lain, mungkin yang terbaik adalah memilih yang tidak Anda gunakan untuk layanan lain - yang sebenarnya merupakan saran yang baik secara umum. Versi terbaru dari Adobe bahkan akan menilai seberapa sulit kata sandi Anda akan ditebak, jadi cobalah untuk memilih kata sandi yang mendapat peringkat kuat. Lebih disukai yang mencakup kombinasi huruf kecil, huruf besar, dan angka.

Jika Anda khawatir lupa kata sandi ini, Anda selalu dapat menggunakan pengelola kata sandi.

Membatasi pengeditan dan pencetakan dengan Adobe Acrobat

Kata sandi yang melindungi dokumen PDF tidak harus mudah dipahami. The Document Security menu Adobe Acrobat DC, misalnya, juga akan memungkinkan Anda untuk melindungi sandi tugas-tugas tertentu seperti mengedit dan mencetak. Inilah cara melakukannya.

Langkah 1:   Buka dokumen PDF seperti biasa dan akses panel Keamanan seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Langkah 2:  Pilih Ubah Pengaturan untuk mengakses menu Keamanan Kata Sandi . Dari sana, centang kotak di sebelah Batasi pengeditan dan pencetakan  dan masukkan kata sandi di kotak di sebelah kanan Ubah Izin Kata Sandi.

Berikut ini ikhtisar dari batasan pengeditan yang tersedia.

Memasukkan, menghapus, dan memutar halaman: Ini memungkinkan orang dengan akses ke dokumen untuk menyingkirkan bagian-bagian dokumen, menambah halaman, dan membalik halaman.

Komentari, mengisi formulir, dan menisi tanda tangan yang ada : Ini memungkinkan orang untuk meninggalkan komentar pada dokumen, mengisi bagian yang memiliki kotak untuk menambahkan teks, dan menandatangani dokumen secara elektronik.

Suntingan apa pun kecuali mengekstraksi halaman: Ini memungkinkan orang lain untuk membuat perubahan yang diperlukan pada dokumen kecuali untuk memotongnya.

Kata Sandi Melindungi PDF dengan PDFMATE

Tidak semua orang ingin membuang sebagian dari gaji mereka setiap kali mereka ingin kata sandi melindungi dokumen. Untungnya, ada alternatif untuk paket premium Adobe selama Anda tidak keberatan memilih utilitas pihak ketiga dengan fitur sederhana dan estetika desain.

Setelah diinstal, PDFMate Free PDF Merger memungkinkan Anda untuk menggabungkan halaman tertentu dan mengenkripsi seluruh dokumen tanpa label harga yang meriah. Ini memungkinkan Anda mengatur kata sandi izin dengan cara yang mirip dengan Adobe Acrobat dan Reader, artinya Anda dapat mengatur kode sandi khusus untuk tugas-tugas seperti mengedit, menyalin, dan mencetak - meskipun antarmuka jauh lebih menarik.

Langkah 1:  Kepala ke  PDFMate Free PDF situs Merger , klik hijau Download  tombol di dekat bagian atas halaman dan kemudian ikuti petunjuk instalasi di layar. Setelah selesai, luncurkan aplikasi.

Langkah 2:  Klik tombol Tambah File dengan tanda tambahan di sudut kiri atas dan klik dua kali dokumen PDF yang ingin Anda lindungi dengan kata sandi.

Langkah 3:  PDF Anda kemudian akan secara otomatis muncul dalam daftar file. Centang kotak di sebelah Buka Kata Sandi  dan masukkan kata sandi Anda ke bidang teks yang sesuai. Anda juga dapat mencentang kotak di samping Izin Kata Sandi , yang memungkinkan Anda mengaktifkan perlindungan kata sandi untuk mengedit, menyalin, dan mencetak dengan memeriksa tugas yang sesuai di bawahnya.

Langkah 4:  Pilih Bangun di sudut kanan bawah jendela aplikasi ketika Anda selesai menambahkan kata sandi Anda. Setelah itu, folder akan secara otomatis terbuka dengan PDF baru Anda yang dilindungi kata sandi. Presto!

Cara Melindungi Kata Sandi PDF di MAC OS

Mac Anda dilengkapi dengan Preview, perangkat lunak yang mampu membuka sebagian besar dokumen dan format gambar. Ini juga menawarkan beberapa kemampuan pengeditan dasar, itulah sebabnya kami menyebutnya  aplikasi Paint tersembunyi di setiap Mac . Ternyata, program yang sama ini dapat mengenkripsi PDF apa pun hanya dalam beberapa langkah.

Langkah 1: Luncurkan Pratinjau , klik menu File di sudut kiri atas dan pilih Buka .  Setelah itu, pilih file PDF yang ingin Anda lindungi dengan kata sandi dari lokasi penyimpanan masing-masing dan klik tombol Open.

Langkah 2: Setelah Anda selesai mengedit dokumen PDF yang ingin Anda lindungi kata sandi, klik lagi menu File dan pilih Ekspor  dari menu drop-down yang dihasilkan. Kemudian beri nama dan pilih lokasi penyimpanan untuk file yang dihasilkan, centang kotak langsung di sebelah kiri Enkripsi , dan masukkan kata sandi yang Anda inginkan di tempat yang disediakan. Verifikasi kata sandi Anda jika diminta.

Langkah 3: Untuk memastikan bahwa PDF Anda terlindungi, buka PDF Anda yang baru dimodifikasi di Pratinjau. Maka layar prompt kata sandi akan muncul, menunjukkan Anda berhasil melindungi kata sandi dokumen PDF Anda. Setelah itu, masukkan kata sandi yang benar dan nikmati privasi PDF baru Anda!

Demikian cara membuat password pada file PDF kalian, semoga bermanfaat, sekian terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Buat Password PDF"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel