Cara Menjadi YouTuber Sukses 2019



caratipstekno.com: Youtube adalah sebuah platform situs web berbagi video yang dibuat oleh beberapa mantan karyawan Paypal pada Februari 2015, situs ini memungkinkan penggunanya mengunggah, menenton, dan berbagi video.

Membuat channel youtube 2019 mungkin ini adalah pekerjaan jaman now, sebagian besar cita-cita generasi jaman now adalah menjadi youtuber sukses yang sangat cocok untuk di sebutkan sekarang karena dunia youtube sudah tidak asing lagi, dan kian lama pengguna youtube makin banyak.

Banyaknya pengguna youtube disebabkan karena dengan youtube, banyak orang yang bebas berkreasi atau menyalurkan bakatnya dengan mendokumentasikan dalam bentuk video lalu meng-uploadnya di channel youtube mereka sendiri.

Berikut dibawah ini saya memberikan tips dan cara agar menjadi Youtuber sukses di tahun 2019 yang kami kumpulkan dan ringkas dari beberapa sumber.

Menentukan tema atau topik channel youtube

Dengan mementukan tema video youtube kalian kita bisa fokus apa konten video yang harus di bahas di dalam channel anda. Dengan membuat video yang cocok dengan hobi anda dapat membuat anda tidak akan kehilangan ide setiap ingin membuat video.

Menetapkan terget

Kalian harus menentukan target, misalnya setiap hari apa harus mengupload video, atau juga target untuk konten. Misalnya channel youtube kalian membahas tentang resep kue, pastinya terget video anda adalah untuk ibu-ibu dan remaja yang hobi membuat kue. Semakin banyak video tentang kontent anda, maka view kalian akan meningkat yang menyebabkan penghasilan pun meningkat.

Kontent yang menarik

Selain cara di atas, yang tidak kalah penting adalah membuat video yang mempunyai nilai tinggi, entah itu dalah hal kualitas video, sudut pandang, maupun konteks dan narasi dalam video tersebut, berusahalah membuat penonton nyaman dengan video anda agar jika anda mengupload video terbaru para penonton setia yang menggemari karya anda akan kembali.

Monetisasi Channel

Dan sudah pasti, channel youtube anda harus dimonetasi agar video anda dapat menghasilkan uang. Cobalah masuk ke akun YouTube Anda, pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas dan klik “Creator Studio”. Setelah itu, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”. Akhirnya, pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada.

Jika kalian sudah mengertahui tips di atas jangan lupa juga soal kebijakan dan larangan dari youtube, larangan ini harus di taati agar akun penghasil uang anda akan ditutup (banned).

Hal yang boleh dan tak boleh dilakukan dalam Mencari Uang dari YouTube
Berikut adalah hal-hal yang boleh Anda lakukan:

  • Membuat video yang tampilannya bagus (resolusi, sudut pengambilan gambar, dsb)
  • Membuat video yang menarik kontennya bagi penonton agar menontonnya dari awal hingga akhir tayangan
  • Membuat video yang meningkatkan engangement, dengan mengajak penonton untuk berkomentar atau share video
  • Mengajak penonton untuk menjadi subscriber pada YouTube channel Anda
  • Memberikan nama atau judul yang sesuai dengan konten tayangan Anda, memberikan deskripsi video yang sesuai pula dan dapat berpengaruh pada rank karena telah sesuai SEO
  • Membuat banyak sekali video sesering mungkin
  • Mempublikasikan atau mensosialisasikan YouTube video Anda di semua sosial media yang ada
  • Jangan melakukan plagiasi semacam copy-paste konten suatu YouTube video ke akun YouTube Anda sendiri. Tindakan kecurangan Anda akan secara otomatis tertangkap oleh YouTube karena melanggar copyright, dan Anda akan dikenakan sanksi
  • Jangan membuat konten eksplisit yang melanggar Terms of Service YouTube

Menghitung penghasilan (CPM  dan RPM)

CPM adalah singkatan dari Cost per Mille. Berhubung dengan penghasilan youtube anda, rumus yang dipakai untuk menentukan beberapa pendapat yakni:

Pendapatan=CPM x (total impresi/1000)

Singkatnya kita membagi jumlah atau total banyaknya view video dengan angka 1000, karena harga CPM berlaku 1$ per 1000 tayangan.

1000 views/ $1 =kira-kira 10 ribu rupiah

10.000 views/ $10 = kira-kira 100 ribu rupiah

100.000 views/ $100 = kira-kira 1 juta rupiah

1.000.000 views/ $1000 = kira-kira10 juta rupiah

10.000.000 views/ $10,000 = kira-kira 100 juta rupiah

Total uangnya juga bervariatif sebenarnya, mulai dari 50 cents hingga 10$ per thousand impressions. Impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan yang tampil.

RPM adalah singkatan dari Revenue per thousand impressions. Singkatnya, youtube mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan lewat saluran YouTube Anda dari keseluruhan total RPM. Cara hitungnya begini:

Pendapatan=Penghasilan÷Monetized playback video x 1000

Ketentuan untuk yang ingin menjadi youtuber pemula

Youtube mengharuskan durasi total video selama 4.000 jam dan dengan 1.000 subscriber dalam 12 bulan terakhir, ini ditujukan bagi suatu channel agar bisa masuk ke dalam YouTube Partner Program.

Demikian tips dan cara agar menjadi youtuber sukses 2019, semoga dengan artikel ini dapat membantu memecahkan pertanyaan di kepala anda seputar dari mana para youtuber menghasilkan uang, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjadi YouTuber Sukses 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel