Pengertian USB Debugging dan Cara Mengaktifkannya



caratipstekno.com: Fitur USB debugging Android mungkin terdengar menakutkan tetapi tidak serumit kelihatannya. USB debugging pada dasarnya hanyalah cara untuk memungkinkan ponsel cerdas Android mentransfer informasi ke dan dari komputer. Ini adalah salah satu hal paling keren tentang Android karena memungkinkan Anda melakukan root pada perangkat, memberikan perintah ADB, memperbaiki ponsel yang rusak, dan lainnya. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan dengan tepat apa itu dan bagaimana menggunakannya.

Apa itu USB debugging?

Seperti namanya, debugging USB terkait dengan tindakan melacak bug melalui USB. Secara tradisional, pengembang aplikasi Android akan menggunakan proses ini untuk menguji perangkat lunak dan menemukan masalah menggunakan kit pengembangan Android Studio di komputer. Saat ini, digunakan oleh pengembang dan pengguna Android untuk membantu dalam tugas-tugas seperti menginstal pemulihan kustom, rooting perangkat, menginstal ROM baru dan banyak lagi.

Bagaimana cara mengaktifkan debugging USB?

Untuk mengaktifkan USB debugging, pertama-tama Anda harus mengaktifkan menu 'Opsi pengembang' di Android (jika Anda belum melakukannya). Berikut langkah-langkah lengkapnya:

  • Buka menu Pengaturan perangkat Anda
  • Gulir ke bawah ke Tentang ponsel
  • Ketuk Build number  sekitar 7 kali hingga Anda melihat pesan yang mengatakan "Opsi pengembang diaktifkan"
  • Ketuk tombol kembali dan Anda akan melihat menu Opsi pengembang muncul di bagian bawah halaman pengaturan
  • Ketuk padanya dan gulir ke bawah sampai Anda melihat USB debugging ; tekan dan tekan Ok untuk mengaktifkannya

Jika Anda memiliki perangkat yang menjalankan Android 2.3 atau yang lebih lama, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

  • Buka Pengaturan
  • Ketuk Aplikasi (kadang-kadang disebut Aplikasi atau Manajer Aplikasi)
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Pengembang
  • Ketuk ini dan aktifkan USB debugging

Sekarang Anda sudah siap, debugging USB telah diaktifkan. Anda sekarang dapat menginstal ROM khusus  ke perangkat Android Anda, atau bahkan  mengoperasikan smartphone Anda dari jarak jauh jika Anda telah merusak layar.

Demikain Pembahasan tentang USB Debugging dan Cara Mengaktifkannya, namun harap behati hati jika kalian belum terlalu mahir mengutak-atik perangkat android kalian disarankan untuk mem-beckup dahulu data kalian sem=belum melakukan USB Debugging, sekian terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian USB Debugging dan Cara Mengaktifkannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel