10 Jenis Jaringan Komputer


caratipstekno.com: Jaringan komputer dapat didefinisikan sebagai sekelompok dua atau juga lebih dari sistem komputer yang dihubungkan bersama. Pada implementasi kehidupan sehari hari kita tidak terlepas dari jenis jenis jaringan yang akan kita bahas dibawah ini.

Ada sangat banyak jenis dan ragam jaringan komputer, biasanya kita mengenal secara umum jaringan ada lima yakni LAN - Jaringan Area Lokal, WAN - Jaringan Area Luas, WLAN - Jaringan Area Lokal Nirkabel, MAN - Jaringan Area Metropolitan dan CAN - Jaringan Area Kampus.

LAN (Local Area Network) - Dapat mencapai jarak radius 1 KM. Jaringan area lokal (LAN) adalah terhubungnya beberapa komputer dan perangkat terkait yang berbagi jalur komunikasi umum atau tautan yang terhubung ke server. Biasanya, LAN mencakup komputer dan perangkat yang terhubung ke server dalam area yang berbeda seperti kantor atau perusahaan komersial.

WAN (Wide Area Network) - Tanpa Batas. Wide area network (WAN) adalah jaringan yang ada di wilayah yang  geografisnya ukuran besar. WAN dapat menghubungkan berbagai jaringan yang lebih kecil, yaitu jaringan area lokal (LAN) dan jaringan area metropolitan (MAN). Implementasi WAN dapat dilakukan dengan bantuan sistem transmisi publik atau jaringan pribadi (seluler).

WLAN (Jaringan Area Lokal Nirkabel) - Jaringan area lokal nirkabel (WLAN) atau biasa kita sebut dengan WIFI adalah jaringan komputer tanpa kabel yang menghubungkan dua atau lebih perangkat yang menggunakan komunikasi WIFI dalam area terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, atau gedung kantor. Dengan konfigurasai Ini, dapat memberi pengguna kemampuan untuk bergerak di dalam area jangkauan lokal namun masih terhubung ke jaringan. Melalui gateway, WLAN juga dapat menyediakan koneksi ke Internet yang lebih luas.

Sebagian besar kini WLAN moderen djual pada standar IEEE 802.11 dan dipasarkan dengan nama merek Wi-Fi.

MAN (Metropolitan Area Network) - Jaringan area metropolitan adalah jaringan komputer yang menghubungkan pengguna dengan sumber daya komputer di area geografis atau wilayah yang lebih besar daripada yang dicakup oleh jaringan area lokal besar (LAN) tetapi lebih kecil dari area yang dicakup oleh luas jaringan area (WAN). Ini juga digunakan untuk berarti interkoneksi dari beberapa jaringan area lokal dengan menjembatani mereka dengan garis tulang punggung. Penggunaan yang terakhir ini juga kadang-kadang disebut sebagai jaringan kampus.

CAN (Campus Area Network) - Jaringan area kampus adalah jaringan komputer yang terdiri dari interkoneksi jaringan area lokal (LAN) dalam area geografis terbatas. Peralatan jaringan (sakelar, router) dan media transmisi (serat optik, pabrik tembaga, kabel Cat5 dll) hampir seluruhnya dimiliki oleh penyewa kampus / pemilik: perusahaan, universitas, pemerintah, dll.

SAN (Jaringan Area Penyimpanan atau Jaringan Area Sistem) - Untuk jaringan area penyimpanan atau storage, sebagai jaringan berkecepatan tinggi khusus yang menghubungkan kumpulan perangkat penyimpanan bersama ke beberapa server, jenis jaringan ini tidak bergantung pada LAN atau WAN. Sebagai gantinya, mereka memindahkan sumber daya penyimpanan dari jaringan dan menempatkannya ke dalam jaringan berkinerja tinggi mereka sendiri. SAN dapat diakses dengan cara yang sama seperti drive yang terpasang ke server. Jenis jaringan area penyimpanan termasuk SAN konvergen, virtual, dan terpadu.

Kemudian untuk jaringan area sistem, digunakan untuk menjelaskan jaringan yang relatif lokal yang dirancang untuk menyediakan koneksi berkecepatan tinggi dalam aplikasi server-ke-server (lingkungan cluster), jaringan area penyimpanan (disebut juga "SAN") dan prosesor- aplikasi ke-prosesor. Komputer yang terhubung pada SAN beroperasi sebagai satu sistem dengan kecepatan sangat tinggi.

PAN (Personal Area Network) - Jenis jaringan terkecil dan paling dasar, PAN terdiri dari modem nirkabel, satu atau dua komputer, telepon, printer, tablet, dll., Dan berputar di sekitar satu orang dalam satu gedung. Jenis-jenis jaringan ini biasanya ditemukan di kantor kecil atau tempat tinggal, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi dari satu perangkat.

POLAN (Pasif Optical Local Area Network) - Sebagai alternatif untuk Ethernet LAN berbasis switch tradisional, teknologi POLAN dapat diintegrasikan ke dalam pemasangan kabel terstruktur untuk mengatasi kekhawatiran tentang mendukung protokol Ethernet tradisional dan aplikasi jaringan seperti PoE (Power over Ethernet). Arsitektur LAN point-to-multipoint, POLAN menggunakan splitter optik untuk membagi sinyal optik dari satu untai serat optik mode tunggal menjadi beberapa sinyal untuk melayani pengguna dan perangkat.

EPN (Enterprise Private Network) - Jenis-jenis jaringan ini dibangun dan dimiliki oleh bisnis yang ingin secara aman menghubungkan berbagai lokasi untuk berbagi sumber daya komputer.

VPN (Virtual Private Network) - Jaringan pribadi virtual memperluas jaringan pribadi di seluruh jaringan publik, dan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data di jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi. Aplikasi yang berjalan melintasi VPN dapat memanfaatkan fungsi, keamanan, dan manajemen jaringan pribadi.

Demikian beberapa penjelasan tentang materi jaringan dan penjelasannya masing masing, artikel ini semata mata untuk menjadi bahan pembelajaran dan informasi umum, semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "10 Jenis Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel