Cara Cek Tagihan Listrik Menggunakan Android


caratipstekno.com: Cara cek tagihan listrik menggunakan android agar kalian lebih mudah dalam melakukan transaksi untuk membayar tagihan listrik bulanan kalian.

Sebagaian besar umat manusia sekarang sudah sangat bergantung pada listik dan menjadi kebutuhan pokok bila kita bicara soal listrik, contohnya jika hanya ingin menyalakan TV harus menggunakan listrik, menyalakan lamu hingga mencas HP kalian.

Dengan adanya listrik semua pekerjaan manusia dapat dilakukan lebih mudah. tetapi yang perlu di ingat listrik itu tidak gratis dan tidak berasal dari sumberdaya alam yang dapat di perbaruhi. listrik dapat diciptakan dari generator PLN atau generator yang kita miliki sendiri.

Untuk biaya tagihan listrik sekarang sudah sangat beragam dikarenakan harganya ditentukan berdasarkan besarnya tegangan yang kalian miliki, ada dua jenis meteran listrik untuk sekarang, yaitu meteran prabayar dan meteran pascabayar.

Meteran Prabayar adalah meteran yang mempunyai fisik banyak tombol huruf dan angka yang berfungsi untuk mengisi nomor token tagihan listrik yang secara fungsi kalian harus membeli terlebih dahulu lalu kalian dapat menikmati listrik.

Sedangkan untuk pasca bayar adalah meteran yang mempunyai ciri fisik sederhanya dan hanya mempunyai switch untuk mematikan dan menyalakan aliran listik di rumah kalian, cara kerjanya yaitu listrik akan kalian gunakan terlebih dahulu setelah itu akan datang petugas untuk mencatan dan membandingkan dengan catatan bulan lalu  dan menentukan berapa tagihan yang kalian harus bayar pada bulan pemakaian kemarin.

Kini makin banyak cara untuk membayar tagihan listrik salah satunya menggunakan perangkat smartphone, dengan cara ini kalian akan sangat mudah dalam melakukan pembayaran tagihan, kalian dapat melakukan kapanpun dan dimana pun kalian berada dan sangat peraktis, tidak ada rasa repot sedikit pun karena kalian tidak keluar  dari dalam rumah.

Jadi pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membayar tagihan telepon menggunakan HP android kalian.

Listik Prabayar

Layanan ini  dapat kalian gunakan jika kalian membeli pulsa atau token dengan nomonal tertentu lalu mendapatkan voucher yang akan kalian masukkan pada meteran yang kalian punya, jika Kwh listrik kalian habis maka listrik kalian akan mati secara otomatis, jadi disarankan sering mengecek jika sudah agak lama tidak mengisi pulsa listrik.

Keunggulan

  • Kalian dapat mengatur pengeluaran sesuai dengan kebutuhan.
  • Kalian tidak akan terlambat membayar seperti tagihan bulanan.
  • Tidak keliru dalam perhitungan pemakaian bulanan kalian.
  • Karena tokennya khusus jadi lebih aman.
Kekurangan

  • Kehabisan listrik karena pemakaian kalian yang banyak.
  • Peralatan akan mudah rusak karena listrik mati sendiri jika kalian terlambat isi pulsa.

Listrik Pascabayar

Sistem ini kebalikannya dari Prabayar, sistem ini memungkinkan kalian untuk menggunakan listrik terlebih dahulu dan membayarnya dibulan depan.

Kelebihan

  • Kalian tidak akan kehabisan pulsa atau token listrik.
  • Tidak perlu melakukan isi ulang token.

Kekurangan

  • Tagihan listrik akan sesuai dengan pemakaian kalian, makin besar pemakaian maka tagihan akan makin besar.
  • Kalian akan dikenakan denda jika lupa membayar tagihan bulanan.

Cek Tagihan PLN Lewat SMS

cara ini adalah cara yang sangat sederhana, dengan memanfaatkan layanan SMS untuk mengetahui berapa tagihan yang akan kalian bayar. Dengan cara ketik REG(spasi)No ID Pelanggan kalian, lalu kirim SMS ke 8123. Hingga balasan yang berisi informasi tagihan listrik kalian dikirimkan. Cara berlangganan ketik PLN(spasi)ON(spasi)ID Pelanggan kirim ke 8123. Bila ingin berhenti berlangganan ketik PLN(spasi)OFF(spasi)ID Pelanggan, kirim ke 8123.

Cek Lewat Telepon

PLN memiliki Operator atau CS bertugas menjawab pertanyaan dari pelanggan. Kalian bisa menghubungi mereka lewat nomor telepon (kode wilayah) 123, namun tambahkan kode area sebelum nomor tersebut.

Cek Lewat Internet

Kalian juga dapat cek pembayaran kalian melalui website http://www.cekbill.com/cek-tagihan-listrik-online kemudian masukkan ID Pelanggan kalian. Masukkan kode chaptcha dan klik Cek Tagihan. Tunggu sebentar hingga menunjukkan besarnya jumlah pembayaran pemakaian bulan ini.

Cek Dengan Aplikasi Android

Sudah ada juga aplikasi untuk melakukan pembayaran kalian dapat mendownload di play store dan dapat daftar menggunakan nomor HP kalian

  • Dahulu kalian download aplikasinya, lalu install seperti biasa.
  • Setelah aplikasinya terbuka kemudian klik opsi Informasi, lalu pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik. Masukkan ID pelanggan kalian dan klik Cek Tagihan.
  • Lalu tunggu prosesnya dan informasi pembayaran kalian akan muncul.

Demikian cara cek tagihan listrik menggunakan HP android semoga dengan artikel ini kalian tidak perlu repot lagi harus mengantri dan menunggu untuk mendapatkan token listrik atau membayar tagihan listrik kalian pada loket pembayaran listrik. Semoga artikel ini bermanfaat sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Tagihan Listrik Menggunakan Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel