Pengertian Mobile Banking dan Fungsinya


caratipstekno.com: Pengertian Mobile Banking adalah proses atau berinteraksi dengan bank melalui pengkat seluler yang membuat semua lebih mudah, karena kalian dapat melakukan transaksi dan membayar tagihan dan belanja online tanpa perlu kalian berdiri dari tempat bersantai kalian.

Di Indonesia sangat banyak bank yang melayani Mobile Banking, mungkin sudah dapat dikatakan hampir semua bank di indonesia setau saya sudah memiliki fitur transaksi mobile banking, baik dari bank swasta hingga bank internasional.

Mobile banking berpusat pada penggunaan smartphone atau perangkat seluler lainnya untuk melakukan tugas perbankan online saat jauh dari komputer di rumah kalian, seperti memantau saldo akun, mentransfer dana antar rekening, pembayaran tagihan.

Pengguna Mobile Banking biasanya kalian kalian yang sudah tidak ingin repot lagi mengantri di bank dan menunggu hingga berjam jam hanya untuk melakukan transfer atau sekedar mengecek tabungan kalian, memang beberapa cara seperti transfer dan cek saldo dapat dilakukan di mesih ATM, namun alangkah baiknya jika semua itu dapat kalian akses hanya melalui beberapa langkah pada smartphone kalian.

Kini jika kalian ingin membayar tagihan listri, tagihan telepon, atau sekedar ingin mengecek gaji sudah tidak perlu lagi melakukan hal hal yang sangat kalian benci, yaitu menunggu nomor antrian (kalau sedikit yah gapapa juga sih) namun alangkah baiknya kalau bisa melakukan semua itu sambil santai dirumah kan?

Mobile banking biasanya beroperasi pada semua penyedia seluler utama melalui salah satu dari tiga cara seperti pesan SMS, web atau aplikasi yang dapat kalian download untuk perangkat iPhone, Android atau Blackberry.

Pesan teks adalah yang paling sederhana, karena memungkinkan kalian untuk mengakses dana atau mengakses akun melalui SMS. Kalian harus terlebih dahulu mendaftar dan memverifikasi nomor telepon dengan bank, tetapi begitu selesai, mereka juga dapat mengatur peringatan untuk memberi tahu mereka tentang saldo negatif atau konfirmasi setoran.

Web adalah opsi mobile banking selanjutnya. Hampir sama dengan akses akun online dari komputer di rumah, pilihan ini memungkinkan kalian untuk memeriksa saldo, pembayaran tagihan dan transfer akun hanya dengan masuk ke akun pengguna melalui browser web seluler.

Selanjutnya Aplikasi mobile banking untuk Android, iPhone dan Blackberry, yang  menghubungkan pengguna secara langsung ke server bank untuk fungsionalitas perbankan lengkap tanpa harus menavigasi browser web seluler. Aplikasi ini dapat diunduh baik melalui situs web bank atau melalui play sore dan appstore.

Mobile banking adalah cara bagus untuk secara efisien mengelola tugas administrasi sesekali saat bepergian. Untuk pemilik usaha kecil dan menengah, mobile banking memberikan hadiah waktu yang berharga.

Bagi bank, mobile banking adalah peluang yang sangat baik untuk secara bersamaan merayu pelanggan baru sambil memangkas biaya operasional. Dengan menanggapi inovasi dalam teknologi seluler, bank secara efektif mengatakan mereka memperhatikan kebutuhan pelanggan mereka, sementara pada saat yang sama merampingkan sejumlah proses untuk memenuhi tuntutan serba cepat abad ke-21.

Konsumen juga harus menyadari bahwa mobile banking menimbulkan kekhawatiran pencurian identitas. Sementara pengiriman data dienkripsi melalui jaringan yang aman, peretas selalu mencari cara untuk mengakses informasi ini. Uji tuntas harus dilakukan ketika mengkalianlkan mobile banking, termasuk pemantauan ketat terhadap rekening bank kalian, bersama dengan memastikan perlindungan yang tepat jika ponsel kalian hilang atau dicuri.

Demikian sedikit penjelasan tentang Mobile banking, mungkin pada artikel berikutnya saya akan membahas beberapa contoh dan konsep penggunaan serta cara menggunakan mobile banking secara peraktis, semoga artikel ini bermanfaat sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Mobile Banking dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel