Pengertian SSL, TLS dan HTTPS


caratipstekno.com: Singkatan SSL adalah Secure Sockets Layer dan, ringkasnya, adalah teknologi standar untuk menjaga koneksi internet kalian tetap aman serta menjaga setiap data sensitif yang dikirim antar dua sistem, dapat juga mencegah penjahat membaca dan merubah informasi yang dikirim, termasuk data pribadi dan lainnya. Kedua sistem yang dimaksut adalah dapat berupa server dan klien (misalnya, situs web dan situs belanja belanja) atau server ke server (misalnya, aplikasi dengan informasi pribadi atau informasi penggajian).

Hal ini dilakukan dengan memastikan bahwa data apa pun yang ditransfer antara pengguna dan website atau blog, atau antara dua sistem tetap tidak dapat dibaca. SSL Ini menggunakan algoritma enkripsi yang dapat mengacak data dalam perjalanan, mencegah peretas membacanya saat dikirim melalui koneksi terbuka. Informasi ini dapat berupa apa pun yang sensitif atau pribadi yang dapat mencakup nomor kartu kredit dan informasi keuangan lainnya, nama, dan alamat.

TLS atau Transport Layer Security hanyalah versi SSL yang diperbarui dan lebih aman. tetapi ketika kalian membeli SSL dari Symantec, Anda sebenarnya membeli sertifikat TLS terbaru dengan opsi enkripsi ECC, RSA, atau DSA.

HTTPS adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure,  muncul di URL ketika situs web diamankan oleh sertifikat SSL. Detail sertifikat, termasuk otoritas penerbit dan nama perusahaan pemilik situs web, dapat dilihat dengan mengklik simbol kunci pada bilah browser.

Sertifikat SSL ini dapat dipasang di sisi server tetapi akan ada isyarat visual pada browser yang dapat memberi tahu pengguna bahwa pengunjung website dilindungi oleh SSL. Pertama, jika SSL hadir di situs tujuan kalian, kalian sebagai pengguna akan melihat https: // di awal alamat web daripada http: // ("singkatan" untuk "aman" tambahan). Tergantung pada tingkat validasi yang diberikan sertifikat kepada bisnis, koneksi yang aman dapat diindikasikan dengan adanya ikon gembok atau sinyal bilah alamat yang berwarna hijau.

Untuk Google sendiri sekarang sudah sejak lama menganjurkan bahwa HTTPS, atau SSL, harus digunakan di mana-mana di web dan, pada 2014, mesin pencari telah memberi penghargaan terhadapa situs web yang dilindungi dengan SSL peringkat web yang ditingkatkan, alasan bagus lainnya bagi situs mana pun untuk menginstal SSL.

Sedangkan untuk Transport Layer Security (TLS) adalah protokol penerus SSL. TLS adalah versi SSL yang disempurnakan seperti yang dijelaskan sebelumnya di atas. TLS ini bekerja dengan cara yang hampir sama dengan SSL, menggunakan enkripsi untuk melindungi setiap transfer data dan informasi. Kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian dalam industri meskipun SSL masih banyak digunakan. Ketika Anda membeli sertifikat 'SSL' dari Symantec, tentu saja Anda dapat menggunakannya dengan protokol SSL dan TLS.

Bagaimana sertifikat SSL Bekerja?

Pada dasarnya adalah bahwa ketika kalian sudah menginstal sertifikat SSL di server kalian dan browser terhubung ke sana, keberadaan sertifikat SSL memicu protokol SSL (atau TLS), yang akan mengenkripsi informasi yang kalian kirim antara server dan browser (atau antara server); detailnya jelas sedikit lebih rumit.

SSL beroperasi langsung di atas protokol kontrol transmisi (TCP), bekerja secara efektif sebagai pelindung keselamatan. Dengan ini memungkinkan lapisan protokol yang lebih tinggi untuk tetap tidak berubah sambil tetap memberikan koneksi yang aman. Jadi di bawah lapisan SSL, lapisan protokol lainnya dapat berfungsi seperti biasa.

Semua penyerang dapat melihat IP dan port mana yang terhubung dan kira-kira berapa banyak data yang dikirim. Mereka mungkin dapat memutuskan koneksi tetapi server dan pengguna akan dapat mengatakan bahwa ini telah dilakukan oleh pihak ketiga. Namun, mereka tidak akan dapat mencegat informasi apa pun, yang dasarnya membuatnya menjadi langkah yang sama sekali tidak berguna.
Peretas mungkin dapat mengetahui nama host yang terhubung dengan pengguna tetapi, yang terpenting, bukan sisa URL. Ketika koneksi dienkripsi, informasi penting kalian tetap aman.

Demikian beberapa penjelasan seputar SSL, TLS dan HTPPS, artikel ini semata mata untuk sebagai pembelajaran, jika ada pertanyaan dan saran dapat kalian simpan dikolom komentar, semoga artikel ini bermanfaat sekian terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian SSL, TLS dan HTTPS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel