Cara Instal SDK Android Studio dengan Cepat


caratipstekno.com: Android SDK (Perangkat Pengembangan Perangkat Lunak) adalah alat besar dan kuat yang sangat penting jika kalian ingin mengembangkan aplikasi Android. Ini melayani sejumlah tujuan lain, juga, seperti menggunakan baris perintah untuk memotong aplikasi ke ponsel Android kalian.

Ada beberapa detail dan hal yang perlu dipertimbangkan saat memasang Android SDK pada PC kalian. tutorial berikut akan membantu kalian menjalani mengatasi masalah ini.

Jika kalian menginstal Android SDK beberapa tahun yang lalu, maka kalian akan melihat perbedaan utama saat melakukannya hari ini. Halaman instalasi tidak lagi memiliki tautan untuk memasang Eclipse ADT, yang digunakan banyak pengembang untuk membuat aplikasi. Itu karena Google mencoba membuat pengguna menggunakan Android Studio sendiri untuk membangun aplikasi, dan untuk itu Android Studio lebih lengkap fitur dengan add-on dan plugin untuk membantu kalian.

Masih ada metode menggunakan Eclipse dengan Android SDK, tetapi untuk tujuan panduan ini saya akan menunjukkan kepada kalian cara menginstal Android Studio, atau hanya baris perintah SDK bagi mereka yang lebih memilih untuk tetap sederhana.
Instal Versi Terbaru Java

Jika kalian tidak ingin menggunakan Android Studio dan hanya ingin versi baris perintah Android SDK, maka kalian harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstal Java. Pilih versi Windows “.exe” dari daftar, lalu unduh dan instal.

Instal SDK Command Line

Android Studio adalah aplikasi yang menghabiskan banyak penyimpanan, dan meskipun saya pikir UI-nya menjadikannya cara yang sangat mudah untuk mengelola alat dan paket pengembangan kalian, beberapa pengguna lebih suka rute baris perintah. Di halaman unduh Android Studio, pilihlah satu opsi di bawah "baris perintah saja." Unduh dan instal ke folder bernama "Android" di harddisk kalian.

Di folder, buka "tools / bin," lalu klik kanan "sdkmanager" dan jalankan sebagai administrator.

Ini harus menginstal paket dasar dan meninggalkan kalian dengan prompt baris perintah di mana kalian dapat memasukkan berbagai perintah untuk mengelola alat SDK kalian.

Bagi saya, tempat yang baik untuk memulai adalah mendapatkan alat platform dengan mengetik:
sdkmanager "platform-tools" "platform; android-28"
Ini akan memberi kalian akses ke perintah adb dan fastboot, yang sangat bagus jika kalian menikmati mengesampingkan hal-hal ke Android dan mencoba-coba opsi pemulihan.

Instal Android Studio

Jika kalian ingin menikmati semua fitur modern, kenyamanan, dan elemen UI dari Android Studio, maka itu sangat sederhana. Pada halaman unduhan Android Studio pilih "Unduh Android Studio," dan ikuti instruksi. Namun, selama instalasi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Jika kalian ingin lebih mengontrol komponen Android Studio yang akan diinstal, klik "Custom" saat installer memberi kalian opsi.

Di sini kalian dapat memilih fitur yang dapat kalian tambahkan untuk di download, contohnya seperti Android Virtual Device, yang menciptakan lingkungan yang ditiru untuk menguji berbagai fitur dan aplikasi dalam, akselerator perangkat keras Intel HAXM untuk emulator (disarankan untuk PC yang kuat), dan perpustakaan API untuk mengembangkan aplikasi pada versi terbaru Android (9.0 Pie pada saat penulisan).

Pada halaman berikutnya kalian dapat meningkatkan jumlah RAM yang didedikasikan untuk akselerasi Android emulator. Jika kalian memiliki RAM untuk disimpan (mungkin 16GB), maka kalian dapat dengan nyaman memindahkan bilah geser ini lebih tinggi dari jumlah yang disarankan.

Setelah kalian melewati semua pengaturan ini, Android Studio akan mulai menginstal. Ini program besar jadi mungkin menghabiskan banyak waktu kalian.

Setelah Android Studio diinstal, buka untuk disambut dengan menu yang mengundang kalian untuk mulai mengerjakan suatu proyek. kalian juga dapat mengeklik tombol "Konfigurasi" di sudut kanan bawah jendela, yang akan memungkinkan kalian masuk ke versi GUI yang bagus dari SDK Manager dan Virtual Device Manager, di antara hal-hal lainnya.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang masih bingung dengan cara lama, mungkin ini dapat menjadi solusi, semoga bermanfaat sekian terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Instal SDK Android Studio dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel