10 Cara Mempercepat Koneksi Internet PC dan Leptop Terbaru 2019

caratipstekno.com: Cara Mempercepat koneksi internet pada komputer PC atau leptop dan juga android serta cara mengoptimalkan jaringan internet dengan cara terbaru 2019 cepat dan mudah.

Semua kalian tahu betapa frustrasinya koneksi internet yang lambat. Unduhan lambat, tidak bisa menonton Game of Thrones atau streaming langsung dalam definisi tinggi dan koneksi yang lamban saat kalian bermain game adalah masalah yang dapat merusak pengalaman online.

Jika kalian salah satunya, kalian perlu memaksimalkan apa yang kalian miliki dan itu artinya mempercepat koneksi internet kalian.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara mempercepat koneksi internet kalian, kami akan memberi kalian 10 tips untuk meningkatkan kecepatan kalian. Sebagian besar saran kami gratis dan beberapa yang berbayar jauh lebih murah daripada meng upgrade paket internet kalian. Sebelum sampai ke tips kami, mari kita lihat apakah kalian perlu mengatasi masalahnya.

Haruskah Mempercepat Koneksi Internet?

Kalian harus memastikan bahwa kalian dapat membuat situasi lebih baik sebelum kalian mulai mencoba untuk mempercepat koneksi internet kalian. Jika kalian menganggap internet kalian lambat, salah satu cara terbaik untuk mengonfirmasi kecurigaan kalian adalah dengan melakukan tes kecepatan online.

Speedtest.net adalah sumber yang bagus untuk memeriksa kecepatan kalian dengan menekan tombol, kami menggunakannya untuk semua ulasan VPN kami karena suatu alasan. Setelah kalian mendapatkan hasilnya, bandingkan hasilnya dengan unduhan yang dijanjikan dan kecepatan unggah untuk melihat apakah kecepatan kalian lambat.

Jika setelah kalian tes kecepatan internet kalian dan ternyata berbeda seperti paket internet yang kalian bayar, misalkan pakt internet kalian adalah 10 mbps untuk download dan 3 mbps untuk upload, tetapi saat dites ternyata tidak sampai seperti paket internet yang kalian ambil maka dapat dipastikan ada beberapa masalah yang terjadi, berikut beberapa penjelasan apa saja yang mempengaruhi internet yang lambat.

Nyalakan kembali Router kalian

Mematikan dan menghidupkan router lagi adalah titik awal yang umum untuk saran teknologi karena terkadang memperbaiki masalah. kalian dapat melakukannya dengan mencabut secara manual router kalian dan memasangnya kembali, menekan tombol power yang biasanya ditemukan di bagian belakang router atau masuk ke router melalui browser kalian dan mematikannya.

Kami sarankan menunggu setidaknya 10 detik sebelum memasangnya kembali. Namun, waktu yang diperlukan untuk pengaturan ulang perangkat bervariasi tergantung jenis router. Dalam kebanyakan kasus.

Instal Perangkat Lunak Antivirus

Mungkin saja kalian telah mengunduh sesuatu yang seharusnya tidak kalian miliki dan berakhir dengan malware di komputer kalian. Biasanya, virus dapat mempengaruhi bandwidth kalian, yang menyebabkan memperlambat koneksi internet kalian.

Jika kalian belum menggunakan perangkat lunak antivirus, kalian berisiko menaruh informasi aman, seperti kata sandi dan informasi rekening bank.

Amankan Browser kalian

Virus biasanya datang melalui browser kalian, jadi penting untuk melindungi area itu. Langkah pertama kalian haruslah perangkat lunak antivirus, tetapi kalian dapat membuatnya lebih mudah dengan menggunakan browser yang aman.

Gunakan Adblock

Iklan menjengkelkan dan mengganggu dapat menghambat pengalaman berinternet kalian, terutama jika kalian memiliki koneksi yang lambat. Karena itu mengambil lebih banyak data dari beberapa server dan membutuhkan menunggu lebih lama sebelum halaman situs memuat.

Memotong jumlah data yang dikirim ke komputer kalian dengan memblokir iklan dapat meningkatkan kecepatan penelusuran kalian karena iklan sering dimuat sebelum konten lain di halaman web. Ditambah lagi, itu membuat penggunaan internet lebih tertahankan.

Membersihkan Data DNS kalian


Komputer kalian mencatat informasi tentang alamat IP yang kalian kunjungi saat menjelajah internet sehingga dapat mempercepat kunjungan di masa mendatang ke situs web yang sama. Informasi itu adalah catatan DNS. Ketika sebuah situs web memindahkan server dan kalian harus diarahkan, catatan DNS kalian bisa menjadi rintangan cepat dan bukan peningkatan.

kalian dapat membersihkan cache untuk mempercepat koneksi internet kalian. Trik itu disebut "membersihkan DNS kalian" dan itu sangat mudah.

Jika kalian menggunakan Windows 10, lakukan hal berikut:
  •     Klik pada menu mulai dan cari "command prompt."
  •     Klik kanan padanya dan pilih "jalankan sebagai administrator." Hanya administrator dapat  membersihkan DNS.
  •     Ketika prompt perintah terbuka, ketik:
  •     ipconfig / flushdns
  •     Lalu, tekan "enter."
Setelah sekitar satu detik, kalian akan mendapatkan pesan bahwa Windows dapat membersihkan cache. kalian selesai dan dapat menutup command prompt.

Hapus Riwayat Internet kalian

kalian mungkin juga ingin menghapus riwayat internet kalian. Riwayat lengkap, unduhan yang disimpan, cookie, dan gambar yang di-cache semuanya dapat berkontribusi pada koneksi yang lebih lambat.

Langkah-langkah untuk melakukannya akan bervariasi berdasarkan browser yang kalian gunakan, tetapi langkah-langkah untuk Chrome diuraikan di bawah ini.
  • Klik pada tiga titik di kolom vertikal di sudut kanan atas Chrome. Pilih "pengaturan" dari menu drop-down yang muncul, yang akan membuka tab baru.
  • Trun ke paling bawah lalu klik "lanjutan. atau advanced"
  • Klik "hapus data penelusuran." Jendela sembulan akan terbuka dengan empat opsi yang aman untuk dihapus: "riwayat penelusuran," "riwayat unduhan," "cookie dan data situs lainnya" dan "gambar dan file yang di-cache." dipilih secara default.
kalian juga memiliki opsi untuk menghapus kata sandi, mengisi otomatis data, dan lainnya. Menghapusnya tidak akan banyak membantu, jika ada, untuk mempercepat penjelajahan web kalian dan akan memaksa kalian untuk mengingat semua kata sandi yang telah kalian simpan dan sejak itu dilupakan. Menyimpan kata sandi di browser kalian tidak aman. Kami sarankan untuk menghapusnya.

Gunakan Ethernet

Semua orang menggunakan WiFi hari ini, yang berarti bandwidth yang digunakannya untuk mengirim informasi secara nirkabel dapat kewalahan, terutama jika ada banyak perangkat dan router yang saling berdekatan.

Itu bisa menjadi masalah besar di kompleks kosan atau asrama, di mana semua orang menggunakan perangkat nirkabel atau wifi. Semua traffic jaringn menciptakan kemacetan yang dapat memperlambat kecepatan kalian.

Untuk mengatasi masalah tersebut, beralihlah menggunakan kabel ethernet yang terhubung ke router kalian. Ethernet umumnya memiliki kecepatan maksimum yang lebih cepat dan itu tidak tunduk pada lalu lintas yang sama yang menyumbat bandwidth WiFi.

Ini adalah langkah yang bagus, terutama jika kalian menggunakan WiFi publik, yang mungkin tidak seaman yang kalian kira.

Beralih ke 5GHz

Sebagian besar lalu lintas WiFi dikirimkan melalui pita 2,4 GHz. Pembuat router menyadari ada masalah traffic yang muncul, lalu mengembangkan router yang mampu menyiarkan pada pita 5GHz untuk mengatasinya.

Ini juga membuat kalian jauh dari band yang kemungkinan akan digunakan oleh tetangga kalian. Selain itu, ini adalah langkah jangka panjang yang baik karena band 5GHz memiliki 23 saluran dibandingkan dengan 11 pada band 2.4GHz. kalian dapat bereksperimen dengan mengubah saluran pada beberapa router dan peralatan juga, sampai kalian menemukan yang paling efektif.

Jika kalian membeli router dengan koneksi "dual-band", kalian memiliki akses ke 5GHz. Biasanya, router kalian akan menyiarkan jaringan kedua yang disebut "routername_5."

Gunakan Jaringan Pribadi Virtual

Terkadang ISP membatasi bandwidth untuk menurunkan kecepatan internet kalian secara strategis. Seringkali, mereka melakukannya karena kalian telah mencapai batas data tertentu. Mereka juga dapat melakukannya berdasarkan pemrograman yang kalian lihat.

Mereka menargetkan situs web video, seperti YouTube, dan layanan streaming, seperti Netflix atau Twitch, karena konten video membutuhkan banyak bandwidth.

Jika ISP kalian tidak tahu dari mana traffic kalian berasal, ISP itu tidak dapat menghentikannya. Karena itu, jika kalian berurusan dengan pelambatan, VPN dapat membantu dengan mengarahkan traffic kalian sehingga ISP kalian tidak dapat mengidentifikasinya.

Beralih ke VPN tidak akan meningkatkan kecepatan koneksi kalian melebihi batas maksimum yang diberlakukan oleh ISP kalian, tetapi, dalam banyak kasus, itu dapat mengatasi pelambatan bandwidth.

Gunakan Router VPN-Ready

Jika kalian berpikir VPN akan membantu kecepatan internet kalian, berinvestasi di router yang siap dengan VPN dapat meningkatkannya.

Demikian beberapa cara mempercepat dan mengoptimalkan koneksi internet pada perangkat PC dan leptop semoga dapat menjadi referensi dari masalah kalian, semoga artikel ini bermanfaat sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Mempercepat Koneksi Internet PC dan Leptop Terbaru 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel