Pengertian dan Contoh Virus Komputer Serta Cara Kerjanya


caratipstekno.com: Virus pada komputer kalian pasti sudah banyak jika antivirus yang kalian gunakan kurang bagus atau bajakan, sehingga membuat komputer kalian lambat karena virus membebani kinerja komputer kalian.

Virus komputer umumnya menipu user atau jenis komputer lain untuk mereproduksi salinan organisme yang menyerang. Mereka menyebar dari komputer ke komputer melalui papan buletin elektronik, sistem telekomunikasi dan file bersama. Virus diciptakan oleh pemrogram manusia, untuk kesenangan atau kekahatan, tetapi begitu mereka mulai menyebar mereka mengambil kehidupan mereka sendiri, menciptakan gangguan, cemas dan paranoia di belakang mereka.

Jika virus ditemukan di salah satu PC, PC itu harus segera dibersihkan terlebih dahulu. Virus dapat dihilangkan dengan memberikan dengan antivirus yang mempelajari virus. Mesin harus digunakan hanya setelah virus dihilangkan.

Virus dan semacamnya

Virus diartikan sebagai program yang dimasukkan ke dalam program yang lain. Virus tersebut diaktifkan oleh program user-nya. Hal ini mereplikasi dirinya sendiri dan berpindah ke orang lain melalui transfer data. Virus menginfeksi data atau program setiap kali pengguna menjalankan program yang terlebih dahulu terinfeksi virus, lalu mengambil keuntungan dan mereplikasi dirinya sendiri.

Ada dua jenis virus komputer 'parasit' dan virus 'boot'

Virus Parasit dapat menempel pada program lain dan dapat diaktifkan ketika program user dijalankan. Serta mencoba untuk terhubung ke lebih banyak program sehingga peluang untuk diaktifkan lebih cepat. Vitus Ini menyebar ke komputer lain ketika program yang terkena Virus telah disalin. 'Yerusalem' dan 'Datacrime' adalah contoh dari jenis virus parasit.

Virus Boot didesain untuk memasuki sektor boot disk floppy. virus ini bekerja dengan mengganti sektor pertama pada disk dengan bagian dari dirinya sendiri. Lalu virus Itu menyembunyikan sisa dirinya di tempat lain pada harddisk, dengan salinan pertama. Virus ini dimuat oleh program start-up komputer built-in ketika mesin dihidupkan. Virus ini dapat memuat, menginstal dirinya sendiri, menyembunyikan sisanya dan kemudian memuat program aslinya. Pada harddisk, virus ini dapat menempati sektor boot DOS atau sektor boot master.

#Virus komputer

Virus ini diciptakan untuk mereplikasi diri tanpa henti menginfeksi program dan file. Aktivitas jahat dapat diprogram sebelumnya untuk menghancurkan data penting atau melakukan kerusakan yang sudah tidak dapat diperbaiki.

#Spyware

Perangkat lunak ini dibuat untuk memata-matai korban, virus ini diam-diam ditanamkan pada perangkat komputasi oleh peretas. Spyware dapat mengumpulkan informasi dan mengirimkannya ke peretas.

#Adware

Program jahat diprogram untuk memunculkan iklan yang tidak diinginkan di komputer korban tanpa izin. Pop-up tidak dapat dikendalikan dan cenderung berperilaku tidak terarah, virus ini biasanya muncul beberapa kali di layar dan menjadi bosan untuk menutupnya.

#Rootkit

Rootkit Virus dapat membantu seorang hacker untuk mengakses atau mengendalikan perangkat atau jaringan komputer dari jarak jauh tanpa dikethui korban. Mereka sulit dideteksi karena alasan virus menjadi aktif bahkan sebelum Sistem Operasi sistem di-boot.

#Horse Trojan

Program jahat ini masuk dan menyelinap ke komputer korban yang menyamar sebagai program yang sah yang akan diterima pengguna dan ingin digunakan.

#Worm

Virus Worm adalah kode berbahaya yang dapat menyalin dirinya sendiri lalu menyebar ke komputer lain. Worm memanfaatkan jaringan lan ataupun internet untuk menyebar ke perangkat lain. Jaringan atau sistem yang sudah terlanjut terinfeksi dapat melambat dan menghadapi lag tak terduga.

#Ransomware

Ransomware adalah malware tebusan. Virus tebusan ini dapat memblokir pengguna dari mengakses file atau program dan penghapusan virus menuntut untuk membayar tebusan melalui metode pembayaran online tertentu seperti melalui Bitcoin.

#Keylogger

Keylogger dapat merekam setiap keystroke yang dibuat pengguna, atau dengan kata lainnya virus ini merekam apa yang kita ketik pada perangkat mereka dengan berjalan di latar belakang. Ialu mencuri kredensial pengguna dan data rahasia dan meneruskannya ke peretas untuk tujuan jahat.

#Botnet

Cybercriminal dapat memblokir tindakan user dan mengambil alih kendali penuh dari sistem. Peretas membuat jaringan komputer yang terinfeksi malware dan dapat berfungsi sebagai bot. Virus botnet juga dapat digunakan untuk meneruskan virus malware, mengirim email spam, dan menjalankan tugas jahat lainnya.

Demikian penjelasan singkat tentang jenis macam serta cara kerja virus, semoga artikel ini dapat menjadi reverensi untuk kalian, jangan lupa untuk smpaikan saran dan pertanyaan pada kolom komentar, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Virus Komputer Serta Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel