Cara Memaksimalkan RAM di Android

caratipstekno.com: Ketika kalian memiliki smartphone untuk sementara waktu, ia bisa mulai terasa lambat, dan RAM - Random Access Memory, yang merupakan tempat ponsel kalian menyimpan barang-barangnya saat menggunakannya - dapat menjadi bagian dari masalah. Jika ponsel kalian tidak memiliki RAM yang cukup, itu bisa sulit, tetapi ada beberapa cara untuk mengatasinya. Untuk membantu kalian, saya telah mengumpulkan beberapa tips tentang cara menggunakan RAM ponsel lebih efisien di Android.


Secara umum, sistem Android cukup baik dalam manajemen RAM, dan smartphone modern mengemas lebih dari cukup RAM untuk menyelesaikan pekerjaan, sehingga kekhawatiran RAM pada perangkat Android sebagian besar adalah masa lalu. Meskipun demikian, jika kalian memiliki perangkat yang lebih lama atau memecahkan masalah alasan perlambatan pada ponsel kalian, maka kita dapat melihat bagaimana cara menghemat RAM untuk melihat apakah itu dapat membantu.

Apa itu RAM (Random Access Memory)?
RAM adalah apa yang digunakan perangkat kalian saat melakukan sesuatu. Misalnya, saat kalian bermain game ataupun sekedar mengedit foto dan aplikasi yang kalian gunakan untuk mengedit tersebut ada dalam RAM, ketika kalian selesai, foto disimpan ke penyimpanan perangkat kalian sehingga tidak dapat hilang. Semakin besar kapasitar RAM kalian, semakin banyak yang dapat kalian lakukan. Misalnya, kalian dapat membuka lebih banyak tab browser, lebih banyak aplikasi yang berjalan, atau lebih banyak fitur sistem melakukan tugasnya.

Masalah dengan RAM ponsel adalah tidak selalu dikosongkan dengan benar, dan aplikasi tidak selalu berperilaku. Beberapa aplikasi dan proses sistem berjalan ketika kalian tidak membutuhkannya, sementara yang lain tidak membersihkan setelah mereka berhenti. Setelah beberapa saat, masalah-masalah itu dapat memiliki hasil nyata seperti kinerja lambat, lagging dan gagap, dan crash aneh.

Seperti halnya penyimpanan internal, RAM adalah komponen fisik perangkat kalian sehingga kalian tidak bisa hanya terus menggunakannya. Namun, yang dapat kalian lakukan adalah menggunakannya dengan lebih efisien.

Bagaimana cara menghemat RAM kalian

Sekarang setelah kalian tahu apa itu RAM, saya akan menunjukkan kepada kalian cara melestarikannya. Di bagian pertama ini, saya fokus pada kiat untuk perangkat yang tidak di-rooting. Untuk perangkat-perangkat itu, kalian tidak dapat secara ajaib menambahkan lebih banyak RAM, tetapi kalian dapat menggunakan apa yang kalian miliki dengan lebih baik. Sebagai patokan, semakin banyak ponsel kalian lakukan. semakin banyak RAM yang digunakan. Jadi, jika kalian dapat mengurangi apa yang sedang berjalan, kalian dapat membebaskan lebih banyak RAM untuk tugas-tugas yang benar-benar penting.

Batasi widget dan wallpaper hidup

Banyak penyegaran sering dan menempati bandwidth, sementara beberapa terus aktif. Hal ini juga dapat berakibat menyebabkan baterai kalian habis dengan lebih cepat. Jadi ingat untuk membatasi jumlah widget dan wallpaper hidup yang berlaku untuk mengoptimalkan RAM yang tersedia saat ini.

Tutup secara manual atau hapus instalan aplikasi

Jika menghapus aplikasi tidak membantu, maka kalian mungkin perlu mengambil pendekatan yang lebih keras dan menutup aplikasi secara manual. Ini dapat dilakukan di Pengaturan> Aplikasi, lalu ketuk aplikasi. Di bawah judul RAM, kalian dapat melihat berapa banyak RAM yang telah digunakan dalam 3 jam terakhir.

Dari sana kalian dapat Memaksa Berhenti aplikasi untuk membebaskan RAM dalam jangka pendek, atau cukup uninstall jika kalian merasa itu tidak layak digunakan nanti.

Jika kalian tidak dapat melihat opsi pencopotan aplikasi, kalian harus menghapus 'hak lanjutan' aplikasi. kalian biasanya memberikan hak-hak ini selama pemasangan aplikasi.

Buka Pengaturan (umum)> Keamanan> Aplikasi Admin Perangkat dan hapus centang pada kotak di sebelah aplikasi. kalian sekarang dapat menghapus instalasi aplikasi.

Beberapa UI Android memungkinkan tinjauan umum umum penggunaan RAM pada perangkat. Misalnya, pada ponsel Samsung, kalian dapat pergi ke Pengaturan> Perawatan perangkat> RAM untuk melihat semua proses yang menggunakan RAM, dan berapa banyak. Ini dapat membantu kalian mengidentifikasi pembuat onar.
Nonaktifkan animasi

Animasi sering mencuri RAM dan sangat tidak penting; kalian dapat mengatur ini di opsi pengembang. Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang di perangkat kalian, buka Pengaturan kalian, lalu Tentang Telepon lalu ketuk nomor build sekitar tujuh kali sampai memberitahukan kalian bahwa kalian telah menjadi pengembang. (Harap dicatat bahwa ini tidak memiliki efek negatif pada perangkat kalian, itu hanya menambahkan menu opsi pengembang di pengaturan kalian. kalian hanya perlu berhati-hati ketika melihat-lihat di sana.

Demikian beberapa tips dan cara mengoptimalkan dan memaksimalkan kinerja RAM kalian, semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memaksimalkan RAM di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan Link

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel